Mesin peras santan

Alat peras santan manual

Spesialis jual dan rancang bangun mesin peras santan . Cocok digunakan usaha kuliner yang menggunakan bahan baku santan . Warung makan / restoran , hotel dan jasa catering . Spesifikasi dan foto bisa dilihat berikut ini :

Mesin peras santan type screw


Spesifikasi Mesin :

  1. Kapasitas  : 30 Kg/Jam. ( tergantung operator )
  2. Sistem kerja : sistem press dengan extruder dan Kisi.
  3. Material screw dan hopper : Stainless Steel ( food grade ) .
  4. Motor / penggerak : electro motor 1 PK – 1 phase .
  5. Reduksi Putaran ( Worm reduction ) : Ratio Gear Box 1 : 60 .
  6. Dimensi screw ( cm ) : Ø 9 x 30 .

Spesifikasi mesin di atas hanya sample , untuk skala home industri , hubungi kami jika anda membutuhkan mesin dengan kapasitas besar atau untuk skala pabrik.

 

Material yang aman untuk makanan .

Kami sadar bahwa santan yang diperas nantinya akan dikonsumsi oleh manusia , untuk itu kami pastikan bahwa bagian mesin yang bersentuhan langsung dengan santan kelapa terbuat dari material khusus stainless steel food grade. Dengan menggunakan material food grade ini maka santan akan terbebas dari kontaminasi dengan karat .

Material yang bersentuhan langsung dengan santan ini meliputi :

  1. Hoper ( tempat masuknya kelapa yang sudah di parut )
  2. Screw barrel ; Barrel merupakan tabung ( pipa ) dimana di dalamnya terdapat screw yang berfungsi untuk mendorong dan menekan kelapa parut yang siap diperas. Kedua bahan ini terbuat dari stainless steel food grade.

Baca juga :

  1. Mesin peras ampas tahu
  2. Mesin pencampur bumbu

Cara mengoperasikan mesin peras santan. 

Sebelum mengoperasikan mesin peras santan ini , pastikan bahwa kelapa sudah diparut dan di tambahin air secukupnya.

Beberapa langkah untuk mengoperasikan mesin peras santan ini adalah :

  1. Tekan tombol power on/off untuk menyalakan mesin.
  2. Di bagian bawah screw ( kisi – kisi ) beri wadah untuk menampung hasil santan kelapa.
  3. Di bagian ujung screw barrel juga beri wadah ( baskom ) untuk menampung ampas kelapa.
  4. Masukkan kelapa yang sudah di tambahin air ke dalam hoper , selanjutnya mesin akan bekerja dengan sendirinya .
  5. Santan akan keluar tepat di bawah screw dan masuk ke dalam wah yang sudah kita sediakan tadi , sedangkan ampas kelapa akan jatuh di ujung barrel dan masuk ke wadah yang juga sudah kita sediakan sebelumnya.

Type manual


Sistem tekan manual ( diputar ) 

Selain menyediakan mesin peras santan dengan type otomatis yang sudah di gerakkan menggunakan mesin motor listrik dan gearbox , kami juga menyediakan alat peras santan dengan sistem tekan manual yakni diputar pada bagian atasnya .

 

Dibagian atas alat  ini kami beri semacam stick yang terbuat dari bahan stainless, gunanya untuk membantu menekan santan . Batang stik tadi di sambungkan dengan piston yang berfungsi untuk menekan santan.

Cara mengoperasikan alat ini juga sangat mudah , Ketika akan memasukkan kelapa yang baru di parut , maka piston di angkat ke atas , dengan cara diputar ke kiri . Sedangkan untuk melakukan penekanan pada santan maka diputar ke kanan .

Ketika diputar ke kanan otomatis kelapa akan terkompress dan santan akan keluar dari lubang  yang sudah kami sediakan di bagian samping bawah.

Sistem tekan dengan dongkrak hidrolik 

Pada prinsipnya hampir sama dengan sistem putar manual di atas , hanya bedanya pada alat untuk menekannya , kalau yang manual dengan cara diputar sedangkan untuk yang satu ini ditekan menggunakan dongkrak hidrolik .

Cara pengoperasian dari alat ini juga sangat mudah . Ketika sedang tidak di pompa , otomatis wadah / tabung santan akan berada di bawah , dan saat itulah santan dimasukkan ke wadah. Kemudian jika dongkrak hidrolik di pompa , otomatis wadah yang berisi santan akan naik ke atas dan menggencet santan di dalam wadah .

 

 

Similar Posts