Mesin pellet ikan

Kami menyediakan mesin pellet ikan terapung | Cocok dijadikan alat bantu untuk memproduksi sendiri pakan ikan , sehingga kita bisa menghemat biaya . Selain itu mesin ini juga cocok bila digunakan oleh rekan – rekan yang berbisnis jual pakan ikan . Lebih detail tentang mesin ini , silahkan tonton video berikut ini :

 

 

SPESIFIKASI MESIN :


  1. Kapasitas : 100 kg per jam 
  2. Penggerak : mesin diesel 8 PK 
  3. Rangka : UNP 65 

Baca juga : Mesin peras santan pakai dongkrak 

Mesin pellet ikan ini merupakan sebuah alat / mesin yang berfungsi untuk membuat campuran beberapa bahan kemudian di cetak dalam bentuk pellet / granule / butiran . Biasanya begitu di lempar ke dalam air akan langsung terapung , dengan ukuran dan bentuk yang butiran akan mempermudah menyantap pakan , sehingga tidak terbuang percuma menjadi air , dan jika semuanya dikonsumsi oleh ikan maka ikan-pun akan cepat menjadi cepat besar .

 

ANEKA MACAM MESIN PELLET IKAN 


Untuk saat ini mesin  yang banyak digunakan ada 2 type yakni :

mesin pellet ikan
mesin pellet ikan
  1. Type horizontal screw 
  2. Type vertical cylinder 

Kedua type mesin  diatas sama-sama bekerja dengan tujuan untuk mendorong campuran bahan pakan ikan dalam bentuk tepung untuk masuk ke dalam screen , Kalau material pakan tersebut sudah masuk ke dalam screen maka keluarnya akan berbentuk silinder kecil – kecil , dan di bagian ujung ( dekat silinder ) sudah ada pisau pemotong . 

Biasanya bahan – bahan yang dicampur sebelum dimasukkan ke dalam mesin pellet adalah sbb : 

  1. Tepung kedelai 
  2. Tepung darah 
  3. Tepung ikan 
  4. Kaldu 
  5. Vitamin 
  6. Dedak halus 
  7. Tepung daun turi 
  8. Tepung terigu 
  9. Garam mineral 

Semua bahan di atas di haluskan hingga dalam bentuk tepung , jika sudah dalam bentuk tepung lalu masukkan ke dalam mixer pakan ternak  , tujuannya adalah untuk mencampur semua bahan diatas hingga semua bahan bercampur menjadi homogen . 

Jika semua bahan diatas sudah tercampur semua satu dengan yang lain , maka langkah selanjutnya adalah dimasukkan ke dalam mesin pellet ikan , dan keluarnya akan berbentuk butiran – butiran  seperti pada video diatas .  Jika sudah berbentuk seperti dalam video diatas maka pellet ikan sudah bisa diberikan pada ikan . 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.