Conveyor gravity

Jual conveyor gravity | Kami sebagai salah satu pembuat conveyor tentu kami tau jenis – jenis  conveyor . Namun dalam artikel kali ini kami hanya akan membahas seputar conveyor  . Kami sebut conveyor gravity sebab pada umumnya perpindahan barang yang ada diatasnya tidak menggunakan mesin namun disebabkan oleh gravitasi bumi . Di  atas conveyor gravity ini tidak menggunakan belt conveyor  tapi hanya menggunakan roller .

conveyor gravity

Karena conveyor  ini tidak menggunakan mesin penggerak , maka posisinya tidak boleh datar . Posisi conveyor harus dimiringkan, dengan demikian maka benda diatasnya akan menggelinding ke bawah .

Contoh di atas adalah sebuah roller gravity conveyor yang terpasang di bandara , posisinya tidak rata , artinya sengaja dimiringkan agar benda di atasnya bisa berjalan sendiri karena gaya grafitasi.

 

CONVEYOR GRAVITY LURUS ( FIX )


 

Pengiriman roller gravity | conveyor gravity
Pengiriman roller gravity

Pada  gambar diatas merupakan salah satu contoh conveyor yang berbentuk lurus. Material yang akan dipindah ke tempat lain bergeser karena posisi conveyornya di bikin miring . Apabila posisi conveyor ini diposisikan datar maka barang tidak akan berpindah. Sebagai solusinya untuk memindahkan barang harus di dorong secara manual menggunakan tangan orang .

Spesifikasi  :

  1. Lebar : 50 cm.
  2. Panjang : 200 cm

Spesifikasi conveyor diatas hanya sample saja , sebab permintaan dari orang yang pesan maunya panjang 200 cm dan lebar 50 cm . Jika anda ingin spesifikasi lain maka spesifikasi diatas sudah berubah . Pada gambar diatas adalah ketika kami hendak mengirimkan ke lokasi pembeli kami di Daerah Bandung – Jawa barat . Rencananya conveyor ini akan digunakan untuk menurunkan krat teh botol .

FLEXIBLE CONVEYOR


mesin conveyor
Mesin flexible conveyor

Pada gambar diatas juga sebuah conveyor yang bekerja dengan tenaga gravity . Yang membedakan dengan yang sebelumnya adalah roller – nya saja. type sebelumnya ( gambar diatas ) berbentuk lurus dan fix . Sedangkan pada gambar disamping bentuknya bisa di rubah – rubah sesuai dengan kebutuhan . Pada prinsip cara kerjanya sama yakni menggunakan gaya gravitasi bumi .  Keuntungan menggunakan flexible conveyor ini adalah bisa disesuaikan dengan kebutuhan ruangan . Kadang – kadang terhalang oleh konstruksi ruangan ( tiang atau dinding ) sehingga harus meliuk – liuk . Dengan menggunakan flexible conveyor ini maka masalah itu bisa diatasi .

Mesin conveyor flexible

Dan gambar di atas adalah flexible conveyor ketika dilihat dari samping . Dan posisinya bisa di lipat ( dipendekin ) jika sedang tidak dipakai . Dan juga bisa di panjangin ketika sedang dipakai untuk mengangkut barang .

Spesifikasi mesin :

  1. Lebar : 60 cm
  2. Panjang max : 12 meter ( ketika dipanjangin )
  3. Bahan roll : Galvanis
  4. Roll bisa berputar sendiri , jadi barang di atasnya bisa pindah meskipun tidak dimiringkan ( tanpa bantuan gaya gravitasi )
  5. Transmisi daya : Round belt
  6. Penggerak : Motor gearbox

Kelemahan dari flexible conveyor ini adalah tidak bisa digunakan untuk mengangkut muatan dengan bobot yang berat . Atau jika ingin digunakan untuk mengangkut material berat maka konstruksi dan rollernya harus diperkuat . Serta transmisi daya tidak bisa menggunakan round belt melainkan harus menggunakan rantai.

Conveyor gravity posisi miring


Mesin conveyor gravity

Seperti halnya pada gambar di atas adalah sebuah roller conveyor gravity , posisinya harus miring agar benda di atasnya bisa berjalan , inilah yang menggunakan gaya gravitasi bumi . Kalau tidak mau di miringkan maka benda di atasnya harus di dorong .

Bahan roller seperti di atas , jika hanya ingin untuk memindahkan material yang tidak terlalu berat , kami sering menggunakan bahan galvanis . Sebaliknya jika akan digunakan untuk mengangkut material berat maka yang digunakan harus berupa besi baja as ( full ) .

 

 

Similar Posts