/ / Conveyor bandara

Conveyor bandara

conveyor bandara

Mesin conveyor bandara | mesin ini dibuat oleh kami .

Setelah melalui proses perencanaan yang matang akhirnya kami mulai mengerjakan pembuatan mesin conveyor bandara , mulai dari pembelian bahan / part , pemotongan besi rangka , pembuatan as dan roller , pembubutan puli , dan assembling dari setiap komponen mesin conveyor , semuanya dilakukan oleh karyawan kami – Bandung .

Mesin conveyor bandara
Mesin conveyor bandara

 

Bagian – bagian mesin conveyor 


Beberapa komponen utama dari sebuah conveyor  :

  1. Rangka besi  , menggunakan besi kanal .
  2. Motor listrik , menggunakan motor gearbox ( besarnya daya disesuaikan dengan kebutuhan )
  3. Belt ( Disesuaikan dengan kebutuhan )
  4. Stainless steel sebagai cover
  5. Bearing , sebagai poros drive roller
  6. Drive roller dan tail roller

Pada gambar diatas adalah gabungan dari 2 buah jenis conveyor , yaitu  conveyor belt dan gravity conveyor . Sebuah conveyor belt harus menggunakan power listrik sebab ini yang bertugas menjalankan belt untuk mengangkut bagasi, sedangkan satunya lagi merupakan gravity conveyor   dimana tidak menggunakan power sebab menggunakan tenaga gravitasi bumi , oleh karena itu harus diposisikan dalam keadaan miring.

 

Spesifikasi conveyor 


Spesifikasi berikut ini hanya contoh saja , artinya tidak harus selamanya seperti ini , kami membuat mesin conveyor akan disesuaikan dengan kebutuhan bandara , berikut ini contoh spesifikasi :

  1. Model / type : flat atau rata.
  2. Lebar conveyor : 1000 (mm)
  3. Panjang conveyor  : 6000 ( mm ) ( bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen )
  4. Tinggi : 600 mm ( bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen )
  5. Motor penggerak  : 3 PK
  6. Rangka  conveyor : Plat tebal 5 mm
  7. Cover conveyor : Stainless

 

Pembuatan Conveyor 


jual conveyor

pembuatan dan perancangan mesin conveyor bandara

Pada gambar diatas adalah salah satu karyawan kami sedang mengerjakan proses pembuatan conveyor  yang kini terpasang di Salah satu Bandara . Sebagai salah satu fasilitas umum kami pastikan bahwa semua bahan-bahan serta yang mesin motor listrik yang dipasang pada alat ini kami berikan yang terbaik semua , mulai dari dari motor listrik, besi rangka, dan belt . Kini Conveyor  itu sudah terpasang di bandara .

conveyor gravity

Conveyor bandara tidak hanya menggunakan belt saja ( ban berjalan ) namun juga menggunakan type roller gravity , roller tidak dilengkapi dengan mesin. Untuk memindahkan barang di atasnya harus di dorong menggunakan tenaga manusia .

 

Pemesanan Conveyor :


Bisa datang langsung ke workshop kami di  Bandung Barat – Jawa Barat , jika anda jauh dari kota kami bisa menghubungi kami  langsung ke tim marketing kami . Pemesanan akan kami kerjakan dalam waktu maksimal 14 – 30 hari  tergantung besar kecilnya pesanan.

 

Fungsi dari conveyor


 

mesin conveyor

Sesuai dengan order  bahwa conveyor yang kami buat adalah sebuah conveyor yang digunakan untuk proses kelancaran petugas Bandara dan calon penumpang pesawat terbang , dimana sudah bukan rahasia lagi kalau setiap barang bawaan dari calon penumpang pesawat udara harus melalui scan x-ray ,  jadi petugas bandara bisa tau barang apakah yang ada di dalam bagasi penumpang , apakah dia membawa senjata tajam ( sajam ) , hewan atau narkoba, dan semua akan nampak terdeteksi dengan menggunakan scan x-ray .

Sebuah sistem scan x-ray rasanya kurang maksimal tanpa adanya sebuah alat yang dinamakan conveyor bandara , fungsi dari alat ini adalah sliding atau tempat menaruh bagasi dari penumpang pesawat, posisi dari conveyor ini adalah tepat di bawah scan x-ray.

Dengan menggunakan tombol on-of yang mudah dioperasikan oleh petugas bandara memungkinkan semua proses scan bagasi penumpang menjadi lancar dan cepat  sehingga antrian panjang bisa dihindari .

Fungsi lain dari sebuah mesin conveyor  ini adalah untuk mengantarkan bagasi penumpang dari counter check-in  ke ruangan / gudang penumpukan bagasi sebelum dimasukkan ke dalam pesawat .

Selain itu conveyor  juga digunakan untuk menggelar bagasi penumpang di bandara kedatangan , conveyor akan di letakkan di atas conveyor yang berjalan , sehingga masing – masing – masing penumpang akan dengan mudah untuk mengambil bagasi mereka .

Di bandara yang canggih , mesin conveyor  juga digunakan untuk membantu penumpang berjalan di atas lantai , sehingga penumpang dengan mudah untuk mempermudah dalam mencapai tujuan .

Contoh Simulasi untuk pengadaan conveyor bandara  


Conveyor keberangkatan 

  • Pengadaan sebuah conveyor untuk counter check in yang sudah dilengkapi dengan weight scale ( timbangan digital ) untuk menghitung berapa total bobot ( berat ) bagasi bawaan penumpang . Panjang total 2 meter lebar 0,70 meter.
  • Mengadakan / pembuatan sebuah collector conveyor dengan panjang 17 meter , lebar 1 meter , yang sudah dilengkapi denga pagar dengan tinggi 300 mm , bahan rangka stainless steel .
  • Melaksanakan / pembuatan sebuah conveyor untuk general transport conveyor dengan panjang total 4 meter dan lebarnya 1 meter , dilengkapi dengan pagar ( mild steel ) , kapasitas beban maksimal 120 kg/m2  
  • Pengadaan gravity roller bahan galvanize dengan panjang total 2 meter , lebar 1 meter dan tinggi 500 mm , finishing dengan cat .
  • Mengadakan / pembuatan box panel untuk menyambungkan listrik dari sumber power ke semua peralatan ( conveyor ) .
  • Pengadaan kabel NYY 4X6 mm2  .
  • Pengadaan kabel NYYHY 4X 2,5 mm2 

Conveyor kedatangan

  • Pengadaan conveyor belt bentuk ” O ” dengan panjang 20 meter , lebar 1 meter dan tinggi 400 mm , dilengkapi dengan pagar setinggi 200 mm
  • Pengadaan gravity roller dengan panjang 2 meter dan tinggi 500 mm serta lebar 1 meter , bahan mild steel .
  • Pengadaan box panel sebagai sumber power belt conveyor
  • Pengadaan kabel – kabel pendukung .

Similar Posts