/ / Mesin pencacah kayu

Mesin pencacah kayu

Mesin pencacah kayu  ini adalah salah satu mesin yang sangat membantu bagi mereka yang menjalani bisnis daur ulang kayu, dan  dengan menggunakan mesin ini semua kayu limbah yang ukuran besar dan beraneka macam bentuknya dapat diolah dan dicacah menjadi serpihan. Biar lebih jelasnya bagaimana mesin pencacah kayu ini bekerja.

 

 

Cara kerja mesin pencacah kayu . 

Sangat simple , dalam mesin pencacah kayu ini terdapat sebuah disk atau tepatnya piringan yang mana di tempatkan pisau yang menempel pada piringan tersebut dan pisau ini nantinya akan memotong kayu – kayu yang dimasukkan ke dalam hoper,  kayu yang sudah dipotong dan  kayu dalam bentuk serpihan akan dilempar oleh kipas yang letaknya persis di belakang piringan .

 

mesin kayu

 

Disk atau piringan tempat menempelnya pisau dan pisau akan ditempelkan pada as ( shaft ) , dan as digerakkan oleh mesin penggerak dengan dihubungkan oleh v-belt dan puli. Apabila mesin penggerak di jalankan maka putara mesin ini akan diteruskan menuju as dan nantinya akan juga memutar piringan.

Untuk mesin pencacah kayu ini bisa menggunakan 2 pilihan sumber tenaga yakni bisa menggunakan motor listrik dan juga bisa menggunakan mesin diesel  ( solar ) , pada mesin diesel mempunyai kelemahan suaranya yang berisik dan asapnya tidak ramah lingkungan namun jika menggunakan motor listrik ini akan lebih bagus sebab tidak menimbulkan polusi , hanya saja kelemahannya ia akan tergantung pada ketersediaan pasokan listrik artinya jika PLN memutus alirannya maka operasinya akan berhenti .

 

Spesifikasi mesin wood chipper .


  • Dimensi  : 1200 x 500 x 1000 (mm)
  • Penggerak : Diesel  28 PK
  • Kapasitas mesin : 300 – 600 kg / jam
  • Rangka / konstruksi : UNP-65
  • AS ( shaft ): 50 (mm)
  • Pisau ( cutting blade ) : 3 buah bahan SKD-11
  • Fungsi : Untuk mencacah kayu ranting , dan bisa juga untuk mencacah kayu manis 

 

Perawatan mesin  kayu


Secara umum perawatan mesin ini meliputi 2 hal yakni perawatan mesin pencacahnya dan mesin penggeraknya, Untuk perawatan pada mesin pencacahnya hanya meliputi asah pisau agar selalu tetap tajam dan perawatan pada bearing, untuk perawatan pada bearing cukup diberikan grease saja.

Perawatan pada mesin penggerak meliputi 2 hal yakni tergantung dari jenis apa penggerak, jika ia menggunakan motor listrik ( electro motor ) , maka perawatannya cukup jaga kebersihan saja , pemberian grease pada bearing rotor , check kondisi kabel-kabel jika ada yang kendor kembali kencangkan . sedangkan perawatan pada mesin penggerak jika menggunakan mesin diesel meliputi pembersihan filter oli dan filter udara , penggantian minyak pelumas secara berkala dan pembersihan busi jika menggunakan mesin bensin.

 

Komponen utama mesin pencacah kayu


Mesin penggerak
Mesin penggerak dari mesin pencacah kayu ini kami berikan 2 pilihan yakni menggunakan mesin diesel atau mesin bensin atau juga bisa menggunakan motor listrik, untuk dua-duanya mempunyai kelebihan dan kekurangan, Apabila kita memutuskan untuk menggunakan mesin diesel maka kekurangannya adalah tidak ramah lingkungan sebab asapnya pekat dan suaranya berisik, untuk  kelebihannya adalah ia mampu berdiri secara independent,  ia dapat bekerja meskipun tanpa bantuan pihak lain tidak seperti motor listrik yang tergantung pada pasokan listrik. Dan  salah satu kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh motor listrik adalah mesin ini relatif bersahabat dengan lingkungan yakni suaranya yang sunyi dan tidak mengeluarkan asap tebal seperti pada mesin diesel namun kelemahan yang dimiliki oleh motor listrik ini adalah ia sangat tergantung pada pasokan listrik  jika pihak PLN memutus aliran listrik maka operasinya akan berhenti.

Rangka
Bahan rangka atau konstruksi kami menggunakan perpaduan antara UNP dan besi profil-U  besar kecilnya bahan rangka tergantung dari kapasitas mesinnya, artinya semakin besar kapasitas mesin pencacah kayu ini maka akan semakin besar pula rangka yang akan kami pasang begitu juga sebaliknya semakin kecil kapasitas dari mesin pencacah kayu ini maka akan semakin kecil pula bahan rangka yang kami pasang.

Pisau ( cutting blade )
Pisau atau cutting blade dari mesin cacah kayu ini kami berikan baja terbaik yang memang didesain khusus untuk cold work tool steel  dan bahan yang kami maksud ini adalah bahan baja khusus buatan JIS (Jepang ) namanya SKD-11  atau pilihan lainnya untuk bahan pisau mesin penghancur kayu ini adalah menggukan KNL Ekstra buatan Bohler ( Jerman ) fungsi dari pisau ini adalah untuk mencacah kayu yang dimasukkan ke dalam hoper.

Bearing
Ada beberapa macam bearing yang tersedia di pasaran namun untuk bearing pada mesin pencacah kayu ini kami gunakan mangkok  ini biasanya digunakan untuk mesin-mesin heavy duty dan putaran cepat fungsi utama dari bearing ini adalah sebagai poros tempat as berputar, dan as inilah tempatnya dudukan pisau as berputar dengan bantuan puli dan V-belt.

V-belt
V-belt pada mesin pencacah kayu ini adalah untuk meneruskan tenaga yang berasal dari mesin penggerak ( motor listrik atau diesel ) pada AS  dengan bantuan v-belt inilah as dapat berputar.

 

 

 

Similar Posts