Cara mudah memanfaatkan limbah kayu

mesin pellet kayu | memanfaatkan limbah kayu

Hampir di seluruh pelosok negeri ini selalu kita temukan limbah kayu , mulai dari perkotaan hingga pedesaan , banyak kita temukan limbah kayu. Di kota besar limbah kayu banyak berasal dari packing kayu untuk membungkus produk tertentu misalnya : tomat , closed , dll . Selain itu sampah kayu juga berasal dari furniture yang sudah rusak , kayu bekas renovasi rumah , dan kayu bekas pemangkasan pepohonan di pinggir jalan dan taman.

 

Sedangkan untuk di daerah pedesaan , limbah kayu banyak berasal dari penebangan pohon untuk pembangunan rumah , serta dahan pohon akibat pemangkasan .

Baik di kota maupun di pedesaaan , limbah kayu ini kebanyakan dibakar yang mengakibatkan pencemaran udara .

Limbah kayu dijadikan briket . 

Sebagai solusi terbaik dalam memanfaatkan limbah kayu ini adalah dengan dijadikan briket dari serbuk kayu. Untuk mengolah limbah kayu menjadi briket ada beberapa tahapan dalam pemanfaatan limbah kayu tersebut , dan berikut ini adalah beberapa tahapan dari pengolahan kayu menjadi briket :

  1. Kayu di chipping , menggunakan wood chipper
  2. Kayu di giling hingga menjadi serbuk kayu atau tepung menggunakan mesin penggiling kayu
  3. Mencetak tepung kayu menjadi pellet kayu .

Kayu yang berasal dari alam bisa saja berukuran besar – besar , untuk mengubahnya menjadi serbuk atau tepung kayu langkah pertama adalah dengan cara di chipping menggunakan wood chipper . Hasil dari mesin wood chipper ini berupa potongan kecil – kecil misalnya seukuran 2-3 cm .

Kayu yang sudah dipotong kecil – kecil hingga ukuran 2-3 cm ini selanjutnya di hancurkan lagi menggunakan mesin crusher . Mesin crusher ini mampu menghancurkan potongan kayu menjadi serbuk atau tepung . Tepung kayu yang sudah jadi selanjutnya ditambahkan perekat lalu dimasukkan lagi ke dalam mesin pellet kayu .

Cara berikutnya dalam memanfaatkan limbah kayu ini adalah mengolah potong kayu tadi di rubah menjadi tepung kayu . Tepung kayu yang sudah dicampur dengan perekat selanjutnya dimasukkan ke dalam mesin pellet kayu , mesin ini mampu mengubah tepung kayu menjadi pellet . Selanjutnya pellet kayu tadi sudah siap untuk dipakai sebagai alat pembakaran .

Di Indonesia pellet kayu yang diproduksi kebanyakan untuk di ekspor ke Eropa dan ke Amerika . Dan di Eropa dan Amerika , pellet kayu ini digunakan sebagai media untuk menghangatkan ruangan .

Mesin penghancur sepatu dan sandal karet

Similar Posts