Tips memilih oli hidrolik

Dalam hal mesin hidrolik  tips memilih oli hidrolik itu sangatlah penting , sebab sebuah cairan hidrolik memegang peranan yang sangat penting , fungsi sebuah cairan hidrolik adalah untuk mendorong piston ke arah mana digerakkan , tentunya sesuai dengan kebutuhan operator mesin hidrolik .

Oli hidrolik disimpan di dalam sebuah tangki yang lebih dikenal dengan nama Recervoir tank , biasanya recervoir tank terbuat dari bahan plat besi , plat stainless , dll . Dalam pengoperasiannya oli hidrolik dikirim dari recervoir tank menuju ke silinder hidrolik menggunakan pompa hidrolik . Pompa hidrolik sendiri digerakkan oleh motor penggerak berupa motor listrik , mesin diesel atau motor bensin .

Oli hidrolik sangat vital keberadaannya , oleh sebab itu kita harus pandai dalam hal memilih oli hidrolik , oli hidrolik yang baik itu memiliki sifat seperti berikut :

  1. Oli hidrolik harus mudah mengalir
  2. Oli hidrolik bersifat melumasi komponen
  3. Oli hidroli bersifat incompressible ( tidak bisa dimampatkan )
  4. Mempunyai sifat fisika dan sifat kimia yang stabil .
  5. Bersifat anti karat .
  6. Oli hidrolik dapat memisahkan kotoran .
  7. Oli hidrolik bisa menyesuaikan dengan tempat.

Tips Memilih Oli Hidrolik

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan untuk memilih oli hidrolik yang benar , dengan memilih oli hidrolik yang benar akan menjadikan komponen mesin hidrolik kita akan menjadi awet dan tahan lama .

Membaca buku panduan mesin . 
Di dalam buku panduan mesin biasanya akan dilengkapi dengan petunjuk oli apa yang cocok untuk mesin hidrolik anda , disana biasanya sudah dilengkapi dengan spesifikasi oli hidrolik yang harus kita gunakan . Termasuk juga angka SAE ( Society of Automotive Engineers ) Yang harus kita gunakan , semuanya sudah tertera di dalam manual book mesin hidrolik kita .

Memilih merek terbaik
Merk oli hidrolik memanglah bukan suatu acuan yang harus kita ikutin , kita bisa menggunakan oli dengan merk berdasarkan keyakinan kita sendiri .

Mau merk apapun asal itu sesuai dengan spesifikasi mesin kita berdasarkan manual book , itu tidak ada salahnya kita pilih , lain dari itu keaslian oli juga hal yang harus di prioritaskan .

Harga oli . 

Tak lupa harga oli hidroli juga harus kita perhitungkan , sebab ini berhubungan erat dengan daya beli kita . Tidak selamanya yang mahal itu kwalitasnya selalu lebih baik dari oli yang murah , dan juga tidak selamanya oli yang lebih murah itu kwalitasnya lebih jelek dari oli yang harganya lebih mahal .

Selama oli itu baik dan speknya sesuai dengan mesin hidrolik kita maka tidak ada salahnya untuk mencobanya .

Similar Posts