Seputar tentang dinamo

Tentang dinamo atau sama juga dengan generator merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik . Jika dilihat dari cara kerjanya maka dinamo adalah sama dengan generator , keduanya sama – sama berfungsi untuk mengubah energy mekanik menjadi energy listrik .

Bagian / komponen dari dinamo yang berputar disebut Rotor , sedangkan untuk bagian yang diam disebut stator. Sebuah dinamo menerima energy mekanik lalu mengeluarkan energi listrik . Contohnya pada pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ) dinamo mendapatkan putaran rotor akibat rotor dikoneksikan dengan baling – baling . Jika daun baling – baling berputar maka as rotor dari dinamo juga akan ikut berputar . Dan berputarnya daun baling – baling ini diakibatkan oleh aliran air.

Contoh dinamo yang paling sederhana yang sering kita jumpai adalah dinamo sepeda , Jika kepala dinamo ditempelkan pada roda , maka akan memutar rotor , akibatnya akan timbul listrik yang akan menjadi sumber penerangan . Semakin kencang roda sepeda diputar maka listrik yang dihasilkan akan semakin besar .

Klasifikasi tentang dinamo

Output ( keluaran ) listrik dari dinamo di kelompokkan ke dalam 2 jenis yakni :

  1. Dinamo arus dua arah atau arus bolak-balik ( AC – Alternating Current )
  2. Dinamo arus satu arah ( DC – Direct Current ).

Dinamo arus dua arah ( AC ) 

Pada dinamo dengan arus bolak – balik ( AC ) memiliki dua buah cincin putar sehingga arus listrik yang dihasilkan berupa arus listrik bolak-balik. Gaya Gerak Listrik induksi pada generator AC bisa ditinggikan dengan cara :

  • Menambah atau memperbanyak lilitan kawat pada kumparan,
  • Mempercepat putaran rotor.
  • Menambahkan inti besi lunak ke dalam kumparan
  • Menggunakan magnet permanen yang lebih kuat dan tahan panas.

Pada intinya sebuah dinamo AC ( arus bolak balik ) terdiri dari : Rotor , stator dan celah udara .

Dinamo arus dua arah ( AC ) 

Sedangkan untuk dinamo DC ( arus searah ) hanya memiliki satu cincin yang terbelah di tengah yang biasa disebut dengan komutator atau cincin belah. Komutator ini yang menghasilkan arus listrik arus listrik searah.

Prinsip Kerja

Cara kerja dari sebuah dinamo berdasarkan hukum Faraday : Apabila lilitan kawat yang dapat menghantarkan listrik berada pada medan magnet yang bisa berubah-ubah, maka pada lilitan kawat tadi akan terbentuk GGL induksi.

Sebaliknya, jika lilitan kawat yang  bisa menghantarkan arus  listrik dirubah sedemikian rupa dalam medan magnet maka lilitan kawat tersebut akan terbentuk GGL induksi.

Silahkan baca juga :

  1. motor listrik 
  2. Perbedaan motor listrik dan dinamo 

Referensi artikel :

https://id.wikipedia.org/wiki/Dinamo

Similar Posts