Mesin rotary screen

pengiriman mesin ayakan pasir tambang

Video berikut ini adalah mesin rotary screen yang sedang beroperasi , mesin ini sering digunakan untuk menyaring material pasir atau pupuk kompos , Tepung kaca , garam , getah damar , dll

 

Spesifikasi mesin rotary screen :

  1. Penggerak ( power ) : motor bensin  5 PK atau motor listrik 1 PK
  2. Rangka / Konstruksi  : Besi UNP
  3. Hoper : Plat esser 2 mm
  4. Mesh ( saringan ) : Bahan stainless lubang 5 mm (bisa request )
  5. AS : Bahan S45C
  6. Diameter tabung silinder : 60 cm
  7. Panjang tabung : 200 cm
  8. Kapasitas : Tergantung lubang screen yang diminta oleh konsumen , semakin besar lubang screen maka kapasitas akan semakin besar , dan semakin kecil lubang screen maka kapasitas akan semakin kecil . Selain lubang screen , faktor lainnya juga tergantung operator continue terus menerus

 


FUNGSI MESIN ROTARY SCREEN 

rotary screen | Mesin kompos rotary kiln
rotary screen

Mesin rotary screen untuk pasir  

Bukan rahasia lagi kalau ukuran pasir itu beragam , ada yang berukuran besar dan ada juga yang kecil sedangkan kebutuhan kita seragam artinya kita akan perlu pasir dengan ukuran yang halus jika tujuannya akan digunakan untuk plasteran tembok , sebaliknya kita akan butuh kerikil yang berukuran besar jika kerikil tadi akan digunakan untuk ground lanscape sebuah taman , Untuk mengatasi hal itu kita bisa memilah pasir antara pasir yang berukuran kasar dan pasir yang berukuran halus , caranya adalah dengan menggunakan mesin ini menjadi pengayak pasir  .

Untuk menentukan seberapa besar hasil pasir yang akan kita ambil kita bisa menentukan dengan cara memasang net / mesh sesuai dengan keperluan kita , Jika kita tujuannya untuk membuat plasteran tembok maka kita bisa menggunakan wire mesh dengan ukuran 5 mm , sebaliknya jika kita ingin pasir / kerikil dengan ukuran yang kasar kita bisa menggunakan wire mesh dengan ukuran 10 mm . 

Untuk mengayak kompos  

Kompos yang baru saja dikeluarkan dari mesin komposter , ukurannya beragam , ada yang besar dan ada juga yang berukuran halus / kecil.  Sedangkan permintaan akan pupuk kompos jika ingin dijual membutuhkan kompos yang halus , ini tujuannya adalah untuk mempermudah tanaman dalam mencerna pupuk kompos .

Cara terbaik untuk memisahkan kompos yang berukuran besar dengan kompos yang berukuran lembut adalah dengan cara menggunakan mesin ayakan kompos dengan rotary screen ini . Kita hanya perlu menuang kompos yang baru saja dikeluarkan dari mesin komposter ke dalam hoper mesin rotary screen , selanjutnya kompos yang berukuran halus akan turun ke bawah , sedangkan untuk kompos yang berukuran besar akan jatuh di ujung . 

Untuk mengayak batu coral  

Jika sebelumnya sudah dibahas bahwa mesin rotary screen ini bisa digunakan untuk mengayak kompos dan pasir , maka mesin rotary screen ini juga bisa digunakan untuk mengayak batu coral . Hanya saja bedanya untuk rotary mesin yang akan digunakan untuk mengayak batu koral konstruksinya tidak sama dengan mesin yang digunakan untuk mengayak kompos dan pasir .

Untuk mengayak kompos dan pasir relatif ringan sehingga konstruksinya tipis dan kecil juga tidak jadi masalah , namun jika mesin ini akan digunakan untuk mengayak batu coral maka mulai dari rangka hingga wire mesh juga harus besar dan tebal, hal ini karena batu coral bobotnya berat.

Mesin rotary screen untuk tepung arang 

Mesin ini selain digunakan untuk menyaring pasir dan kompos , di tempat lain ada kawan di luar sana yang menggunakan mesin ini untuk mengayak tepung arang , tentu saja mesh yang digunakan sangat kecil sekali , sebab yang akan diambil dari tepung arang ini adalah bagian tepungnya ( serbuk ) sedangkan arang  yang berukuran agak besar dipisah untuk kemudian dihancurkan kembali menggunakan mesin penepung sistem disk mill atau hammer mill. biasanya tepung arang yang diambil akan digunakan untuk pembuatan briket.   

 

 

 

Similar Posts