Mesin turbin air

Kami dari mesinsakti.net – Bandung – Jawa barat –  spesialis rancang bangun mesin turbin air | Turbin air yang sudah kami buat sudah banyak tersebar di Bendungan di seluruh Indonesia.

Dan berikut ini adalah contoh turbin air yang pernah kami produksi , Selain itu kami menyediakan berbagai macam ukuran dari mulai ukuran yang paling kecil hingga ukuran yang paling besar dan sifatnya custom artinya sesuai permintaan konsumen .

 

Jual turbin air
Turbin air

 

Baca juga : Membuat mesin turbin air 

 

PENGERTIAN TURBIN AIR


Mesin turbin air merupakan alat yang mampu merubah energi potensial air dirubah menjadi energi mecanic . Jadi Energi mekanik inilah yang kemudian diubah menjadi energi listrik .  Di dalam mesin turbin air terdiri dari beberapa sudu – sudu air atau bisa juga disebut sayap  , Masing – masing  sudu – sudu air ini berfungsi untuk menangkap aliran air  yang jatuh memancar atau jatuh , dan ketika sudu – sudu air ini di dorong air maka akan memutar as , dan putaran as ini dihubungkan dengan as generator.

Aliran air berasal dari sumber mata air yang melewati sungai atau bisa juga aliran air yang melewati bendungan yang di beri lubang sehingga alirannya kencang , dan mesin turbin air ini hanya bisa dipakai di daerah yang sumber airnya mengalir terus tanpa henti sepanjang tahun ,  jadi jika airnya berhenti maka berhenti pula turbinnya berputar , alhasil  pasokan listriknya juga akan mati  .

ANEKA MACAM TURBIN AIR


Mesin turbin air  jika dikelompokkan berdasarkan aliran airnya maka turbin air dibagi menjadi 2 macam yaitu :

  1. Turbin Aliran Radial : Yakni turbin air dengan arah aliran airnya tegak lurus dengan arah putaran poros turbin.
  2. Turbin Aliran Aksial :  Yakni turbin dimana arah aliran airnya sejajar dengan arah putaran poros turbin.

 

MACAM – MACAM TURBIN AIR :


Turbin Pelton

Mesin Turbin pelton ini terdiri dari satu set sudu – sudu yang bisa berputar oleh pancaran air yang disemprotkan oleh nozzle dan bertekanan tinggi .  Dan bentuk sudu – sudu turbin pelton ini terdiri dari 2 bagian yang sama.  Sudu – sudu pada turbin pelton ini dirancang sedemikian rupa dengan tujuannya  agar pancaran air akan mengenai bagian tengah sudu akibatnya pancaran air tersebut akan berbelok ke kedua arah tujuan  , Model dan  teknik seperti ini akan membebaskan sudu – sudu dari gaya-gaya samping.

 

Turbin Turgo

Turbin tugro kalau dilihat dari cara kerjanya hampir sama dengan turbin pelton , yang berbeda adalah sudut pancaran air yang memancar ,  dimana sudut pancaran air 20 deg  . Sedangkan kecepatan atau RPM mesin turbo turgo ini lebih besar daripada jenis turbin pelton .

 

Turbin Crossflow

Untuk turbin crossflow berbeda dengan type sebelumnya yakni type pelton dan type turgo , jenis turbin crosflow ini ada pengaturan arah air pada pintu masuknya , sehingga aliran air bisa dikontrol , namun secara garis besarnya sama , yakni semburan air menggerakkan sudu – sudu yang sudah menyatu dengan poros / as

 

Turbin Francis

Mesin turbin Francis ini dipasang diantara sumber air tekanan yang tinggi di bagian masuk  dan air yang bertekanan rendah di bagian keluar . Dan pada turbin Francis ini juga menggunakan sudu – sudu pengarah ( pengatur ) . Fungsi dari sudu – sudu pengarah ini adalah untuk mengarahkan air masuk secara tangensial  dan begitulah cara kerja dari turbin francis ini .

 

Turbin Kaplan Propeller

Pada mesin turbin kaplan disebut juga baling-baling .  keunggulan dari turbin kaplan propeller ini adalah sudut dari sudu-sudu geraknya bisa diatur ( adjust ) .  Proses pengaturan sudu ini untuk menyesuaikan dengan kondisi aliran air .

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.