/ / Mesin penghancur kain sekunder

Mesin penghancur kain sekunder

Mesin penghancur kain sekunder | Mesin pencacah kain skundar | perajang kain majun menjadi potongan kecil – kecil / kain menjadi seperti kapas . Cocok digunakan untuk usaha bisnis daur ulang limbah kain . Kain majun atau bekas potongan pembuatan baju yang sudah tidak digunakan lagi bisa di jadikan lahan bisnis yakni berupa isi bantal / isi boneka .  Berikut ini adalah skecth dari mesin pencacah kain menjadi seperti kapas.
Mesin penghancur kain sekunder

SPESIFIKASI MESIN MESIN PENGHANCUR KAIN SEKUNDER  :

    1. Kapasitas : 1 ton per 12 jam
    2. Dimensi  mesin  (PXLXT) : 1500 x 1230 x 933 (mm )
    3. Penggerak pisau roll : Motor listrik  5 PK – Listrik  3 Phase
    4. Penggerak  conveyor  : Motor gearbox 2PK Ratio 1:60
    5. Rangka : UNP 65
    6. Cover : Plat esser 2 mm

Spesifikasi mesin di atas hanya sample , artinya jika konsumen menginginkan spesifikasi lain , misalnya ingin kapasitas yang lebih besar lagi , maka spesifikasi di atas akan berubah .

Limbah kain yang sudah tidak digunakan lagi dan beraneka macam bentuknya di giling menggunakan mesin penghancur kain sekunder dan hasilnya kurang lebih akan tampak seperti foto / gambar berikut ini :

Mesin penghancur kain jadi seperti kapas

Gambar di atas adalah salah satu contoh hasil cacahan kain yang sudah hancur menggunakan mesin skunder , hasilnya lembut seperti kapas.

Cara mengoperasikan mesin pencacah kain ini sangatlah mudah, kita hanya perlu menyalakan mesin ini dengan menekan tombol power on/off saja , otomatis roll pisau dan mesin conveyor akan bekerja dengan sendirinya .

Setelah mesin berjalan dengan sempurna kita hanya tinggal memasukkan kain yang akan di giling ke dalam pisaunya , otomatis kain tadi akan di hancurkan hingga menjadi lembut seperti kapas .

ASPEK BISNIS  MESIN PENGHANCUR KAIN SEKUNDER :


Bagi seseorang yang sedang menggeluti bisnis di bidang jahit menjahit batu , fashion, dll tentu adanya (kehadiran) kain majun akan menjadi sampah yang mengganggu . Sampah – sampah kain tadi hanya dijual dengan cara di timbang , namun ada juga yang di manfaatkan menjadi keset . Hal ini hanya memberikan nilai ekonomis yang kecil bagi kita .

Namun dengan adanya mesin penghancur kain sekunder ini diharapkan akan memberikan nilai ekonomis lagi . Sampah – sampah kain tadi kita giling hingga menjadi lembut seperti kapas lalu bisa dijadikan isi bantal atau boneka. Kita bisa memproduksi bantal atau bisa juga memproduksi boneka .

Cara kerja mesin penghancur kain sekunder


Tidak sama seperti mesin penghancur kain model crusher yang mencacah kain hanya menjadi kepinga dengan ukuran besar – besar . Mesin sekunder ini mampu mencacah limbah kain hingga menjadi potongan – potongan halus dan lembut seperti kapas . Jika sudah menjadi potongan kecil – kecil seperti kapas maka cacahan kain ini selanjutnya akan dijadikan isi bantal atau isi boneka .

Pisau mesin sekunder 

Sekilas mata pisau mesin sekunder ini adalah seperti pisau mesin pemotong kau . Dalam satu panjang AS terdiri dari beberapa pisau . Pisau pisau ini berputar sangat cepat . Ketika ada kain yang dimasukkan ke dalam ruang penghancur , maka otomatis akan segera di cabik menggunakan mata pisau yang bentuknya kecil – kecil dan bulat .

Mesin sekunder dilengkapi dengan conveyor

Untuk membantu mendorong kain yang akan di cacah , pada bagian input ditambahkan sebuah mesin conveyor , tujuannya adalah agar tangan operator tidak terkena mata pisau yang berputar cepat , Dengan bantuan conveyor maka kain akan dibantu di dorong untuk mendekati ke pisau . Sehingga tangan operator tidak terlalu dekat untuk mendorong kain.

Begitu juga dengan bagian outputnya juga dilengkapi dengan mesin conveyor . Berbeda tujuannya dengan conveyor pada input yang akan mendorong kain untuk mendekati ke arah pisau. Sedangkan pada  bagian output mesin conveyor ini berfungsi untuk menarik / mengeluarkan cacahan kain yang sudah dihancurkan dan berbentuk seperti kapas.

 

 

Similar Posts