Mesin jaw crusher

Disebut mesin JAW CRUSHER sebab cara kerjanya dari mesin ini seperti rahang dalam memecah biji – bijian yakni dengan cara digencet menggunakan dua buah rahang . Dalam hal ini terdapat dua buah rahang yakni rahang gerak dan satu lagi rahang tetap ( fix ) , Kebanyakan mesin jaw crusher ini sering digunakan untuk memecahkan batu gunung , pecahan beton , batu .

 

 

Mesin pemecah batu model jaw crusher , yang berbentuk plat dan berwarna hitam itulah yang disebut rahang , plat yang sebelah kiri disebut moving jaw ( rahang bergerak ) sedangkan yang sebelah kanan disebut fix jaw ( rahang tetap ) . Yang bertugas menggerakkan moving jaw tersebut adalah sebuah motor penggerak , bisa berupa motor listrik dan bisa juga berupa mesin diesel .

Baca juga : Mesin pemecah batu

 

UNTUNG RUGI MENGGUNAKAN JAW CRUSHER


Keuntungan dan mesin pemecah jenis jaw ini mudah perawatannya sebab konstruksi -nya sangat sederhana sehingga tidak membutuhkan banyak spare part . Namun sayangnya dari mesin jenis jaw ini tidak mampu menghasilkan pecahan batu yang lembut ( pasir / tepung ) , Output dari mesin ini hanya sejenis kerikil saja. Ini berbeda dengan mesin pemecah batu jenis hammer mill yang mampu menghasilkan pecahan batu yang lembut bahkan bisa menjadi selembut tepung .

 

mesin pemecah batu jaw crusher
Mesin pemecah batu jenis jaw crusher

Keuntungan lain yang kita bisa dapatkan jika kita menggunakan jawa crusher adalah konstruksinya yang sederhana membuat kita mudah dalam hal perawatan .  Cara kerja jaw crusher ini adalah menggencet batu dengan menggunakan 2 buah rahang .

Pada gambar di atas adalah salah satu contoh mesin pemecah batu dengan sistem jaw crusher. Tenaga yang berasal dari motor listrik langsung di  hubungkan dengan AS jaw crusher , tidak memerlukan komponen lainnya.

 

SOAL KAPASITAS


Mesin pemecah batu yang menggunakan sistem jaw crusher ini termasuk mesin dengan kapasitas besar , sebab kapasitas mesin ini dipengaruhi oleh jarak ( gap ) antara rahang di bagian bawah . Dan jarak antara kedua rahang ini yang juga mempengaruhi besar kecilnya pecahan batu . Dengan kata lain semakin besar jarak gap rahang  maka akan makin besar pula hasil pecahan batu . sebaliknya semakin kecil jarak gap maka akan semakin kecil hasil pecahan batu . Dan ini sebanding juga dengan kapasitas mesin , semakin besar jarak gap rahang maka kapasitas mesin akan semakin besar , sebaliknya semakin kecil jarak gap rahang maka akan semakin kecil kapasitasnya .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.