Mesin granulator

Kami menyebut mesin ini adalah mesin granulator atau lebih dikenal dengan sebutan mesin pembutir adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk membuat pupuk  menjadi butiran-butiran kecil sehingga nantinya akan memudahkan bagi petani dalam pengaplikasian / penggunaan dari pupuk  . Mesin pembutir  disini bekerja atas dasar sistem putar pada sebuah bidang yang diposisikan miring. Jika dilihat dari sumber tenaga yang dipakai  maka  mesin ini ada dua varian kerja yakni ada yang manual dan ada juga yang menggunakan mesin penggerak . Untuk sumber tenaga yang manual menggunakan tenaga manusia untuk memutar engkol atau handle sehingga bak ( disk ) juga ikut berputar,  Dan untuk yang menggunakan power mesin penggerak  maka  untuk memutar bak / disk digerakkan oleh mesin baik itu mesin diesel atau juga menggunakan motor listrik yang digabung dengan gearbox .

Kami bisa membuat mesin granulator seperti dalam video diatas , dan spesifikasi mesin yang kami buat adalah sebagai berikut :

Spesifikasi mesin  :


  • Penggerak : Menggunakan mesin diesel / manual.
  • Dimensi mesin ( P x L x T ) (mm ) : 600 x 600 x 1000.
  • Ukuran bak ( disk ) : diameter 500 (mm)
  • Rangka : Besi kanal U 50 (mm).
  • Tebal plat disk  : 5 (mm)

 

Komponen mesin granulator


Tidak banyak dari sebuah mesin granulator , hanya memerlukan beberapa buah komponen saja yaitu :

  1. Rangka mesin granulator : Rangka mesin yang terbuat dari sebuah besi kanal U dengan ketebalan 50 mm , tergantung dari berapa besar kapasitas mesin yang di inginkan, semakin tinggi kapasitasnya maka akan semakin tebal juga besi yang kami pasang pada mesin , begitu juga sebaliknya.
  2. Transmisi daya : Transmisi daya ini adalah penghubung dari sumber penggerak ( motor listrik / mesin diesel ) menuju ke AS disk ( piringan ), kami menggunakan gabungan 2 buah transmisi daya , yaitu dari mesin ke gearbox menggunakan V-belt  , selanjutnya  dari gearbox menuju ke bak kami menggunakan rantai.
  3. Bak granulator ( piringan / disk ) : Tempat untuk membuat pupuk kompos menjadi sebuah butiran pupuk ( kompos ) kami sebut saja sebuah bak / disk yang dimiringkan, pada  posisi yang dimiringkan dengan sudut tertentu itulah yang akan membuat kompos yang tadinya berukuran tidak beraturan diubah bentuk menjadi butiran-butiran.

 

Tujuannya dibuat mesin granulator


Sebuah kompos yang baru dibuat masih berupa campuran adonan bahan pupuk dan air ,  kalau memperhatikan bentuknya yang seperti itu akan sulit bagi petani untuk menyebar atau menabur secara merata pada sebidang tanah yang akan dipupuk, sebab bentuknya tidak beraturan dan ukurannya tidak seragam  dan sebagian banyak menggumpal.  Oleh karena itu diciptakanlah sebuah mesin granulator.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.